Friday, February 19, 2016

EMPAT PERILAKU MANUSIA YANG MEMBINASAKAN

EMPAT PERILAKU MANUSIA YANG MEMBINASAKAN

Manusia adalah makhluk Allah  yang diciptakan untuk menyembah Allah dan bertaqa kepada Allah. Maka dari itu manusia dituntut untuk mengetahui jalan mana yang harus ditempuh untuk mencari keridhaan Allah dan jalan mana yang menuju kemurkaan Allah. maka penulis mendengar khutbah pada hari Jum'at dan mengulas sedikit tentang jalan kebinasaan manuia.

Manusia diciptakan oleh Allah swt untuk membangun peradaban yang baik di dalam dunia ini. peradaban yang baik akan melahirkan kebudayaan yang baik dan kuat.

setidaknya ada 4 langkah manusia yang menuju kebinasaan dalam arti kerugian hidup di dunia ini tanpa keuntungan di akhirat kelak.

Melihat perkara dunia dengan tanpa henti


Perkara dunia adalah perkara sementara, hidup sementara dan kita akan menuju akhir hidup. Dunia ini hanya tempat untuk bercocok tanam yang hasilnya akan kita dapatkan di akhirat nanti. Maka dunia yang sedang kita tempati ini hanyalah sementara. Oleh sebab itu dunia bukan sesuatu yang kekal.

Apabila kita memandang bahwa dunia adalah segalanya, kita tidak akan mampu untuk bertahan dalam dunia ini. Maka jangan melihat dunia ini sebagai sebuah keabadian. untuk itu kita harus melihat akhirat yang memiliki keabadian yang indah. Mencari harta di dunia ini hanya semata-mata untuk keperluan duniawi merupakan salah satu bentuk prilaku manusia yang dapat membinasakan akhirat. 

Lupa kepada akhirat dan terus mencari dunia

Lupa kepada akhirat dan terus mencari dunia juga merupakan satu prilaku manusia yang membinasakan. Bukan berarti kita tidak diberi hak untuk melihat dunia. Bila kita menggunakan dunia ini sebagai tempat untuk mencari akhirat adalah hal yang diberikan kepada manusia. Namun bila kita terus mencari dunia hanya untuk kemegahan dunia saja akan dapat menjeremuskan manusia kedalam lubang kebinasaan

Lalai dalam dunia dari mengingat akhirat

Dunia ini akan merayu umat manusia untuk mengingat akhirat. Mengingat akhirat adalah hal yang diinginkan dalam agama. Agama selalu memperingatkan manusia untuk tidak lalai kepada akhirat. Akhirat adalah tempat yang kekal untuk keabadian. Maka jangan lalai untuk akhiratmu.

Membuang waktu dari istigfar

Istighfar adalah salah satu jalan untuk mengingat kepada Allah swt. Istighfar akan mampu mensinyalir keabadian dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. untuk menjadi manusia sejati kita perlu mengingat Allah swt. Manusia yang hidup di dunia ini tidak luput dari noda dan dosa. Maka istighfar adalah jalan yang sangat baik untuk tidak terjerumus kedalam prilaku manusia yang membinasakan.